Badung (ANTARA News) – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memastikan tugas Tim Transisi yang sebelumnya mengambil alih peran PSSI harus berhenti bersama dengan pencabutan pembekuan induk organisasi sepakbola Indonesia oleh Menpora Imam Nahrawi.

“Tim Transisi dibentuk karena ada SK (surat keputusan) membekukan PSSI. Otomatif dengan surat mereka pencabutan pembekuan tim Transisi off,” kata Kepala Kemenpora Komunikasi Publik, Gatot S Dewa Broto di sela-sela sebuah Corcom pertemuan Asian Games 2018 di Badung, Bali, Rabu.

Menghentikan tugas lembaga yang dipimpin oleh Bibit, kata dia, adalah dalam hubungannya dengan pencabutan pembekuan PSSI membuat orang nomor satu di Kemenpora per Selasa (10/5). Tugas Transisi Tim itu sendiri berjalan sekitar satu tahun.

Dengan kondisi tersebut, pria yang juga merupakan bagian dari Tim Transisi menyatakan itu hanya akan menyiapkan laporan untuk tugas sebagai lembaga yang menggantikan PSSI di bawah pimpinan La Nyalla Mattalitti dibekukan sejak April 17, 2015 .

“Sekarang tinggal sendirian berikut laporan dan dilaporkan ke menteri,” kata pria yang juga Wakil IV untuk Kinerja Olahraga Peningkatan Kemenpora itu.

Selama tugas, tim Transisi langsung sebenarnya bergerak cepat untuk memperbaiki tata kelola sepak bola nasional. Bahkan, pada awal dibentuk juga langsung menggelar turnamen khusus untuk klub Divisi Pertama yang Piala Kemerdekaan.

Umumnya pelaksanaan turnamen berjalan lancar meskipun akhir lomba ada masalah mengenai hadiah masalah pembayaran. Sampai akhirnya Kemenpora mengambil hadiah pembayaran untuk pemenang dalam hal ini PSMS Medan menggunakan dana APBN.

Selain mengadakan turnamen Piala Kemerdekaan, Tim Transisi bersama dengan Dewan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) memberikan saran pada pelaksanaan turnamen lain seperti Piala Presiden sampai Piala Bhayangkara.

Meskipun sukses dalam memberikan tim rekomendasi Transisi tidak mampu memenuhi misinya sangat baik untuk mengadakan sebuah kompetisi. Padahal sebelumnya telah disajikan program di depan puluhan klub, terutama di tingkat Divisi Pertama.

Apa yang direncanakan oleh Tim Transisi sebenarnya disusul oleh PT Gelora Trisula Universe (GTS) adalah promotor kompetisi Indonesia Sepakbola Championship (ISC) 2016 di dua kategori: A dan B Klub ISL Divisi Pertama klub. Kedua kompetisi sedang berjalan.

Editor: Ruslan Burhani

HAK CIPTA © ANTARA 2016